Wisata Bukit Larata Desa Kinunang Likupang

Destinasi Wisata Bukit Larata Desa Kinunang

Destinasi wisata kami, tim EDAN, saat ini mencari bukit kinunang, seperti sebelumnya kami hanya berselancar melalui media sosial Instagram, untuk mencari destinasi wisata kami kali ini, Namun, bukit kinunang yang berada di desa kinunang kecamatan Likupang awalnya memang kami belum ketahui. Kemudian kami kuatkan niat untuk adventuring saat itu pula. Tak menunggu niat terhempas, kami segera berangkat.

Lokasi Bukit Larata Desa Kinunang berada di Kecamatan Likupang Kabupaten Minahasa Utara. Jarak yang kami tempuh kurang lebih 1,5 jam. rute perjalanan yang kami tempu melalui jalan memutar lewat Likupang Timur atau lebih tepatnya dari Kota Manado menuju Desa Maliambao. Seperti destinasi sebelumnya, kami disapa oleh rinai hujan ketika mentari berada di titik kulminasi. Kami pun tak singgah untuk berteduh. Karena rinai hujan akan memberikan semangat bahwa tak ada halangan yang berarti selagi niat dan tekad sudah ada digenggaman.

Setelah menempuh perjalanan yang begitu panjang kami pun sampai di Desa Maliambao, karena berhubung dari kami tidak tau keberadaan bukit tersebut. Maka, kami singgah disalah satu rumah teman yang berada di Desa Menara tidak jauh dari Desa Maliambao. dari situ kami lanjutkan perjalanan menuju Desa Kinunang yang memakan waktu tempuh kurang lebih 30 menit dari Desa Maliambao. Dari desa Maliambao kami melanjutkan perjalanan melewati pasar Likupang, dari sini kami lanjutkan lagi perjalanan kami melewati desa Wineru, kemudian kami memasuki jalan yang biasa di lalui oleh orang-orang untuk menuju ke kawasan wisata pantai Pall. kalau jalan menuju wisata pantai Pall belok kanan tapi untuk menuju objek wisata bukit Kinunang jalan yang kami tempuh jalan terus tidak belok kekanan menuju pantai Pall. dari pertigaan situ kurang lebih 15 menit kami sampai di desa Kinunang.

Kami terpana! Berhubung desa Kinunang adalah desa paling ujung dan terakhir yang kami temui. Kami belum temui objek wisata yang di maksud! Kami rehat sejenak di antara rumah warga di desa Kinunang. Sambil rehat kami tak luput untuk bercanda satu sama lain untuk menghilangkan rasa lelah dibadan karena sudah menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Kami bangkit dan bergegas melajukan kendaraan. tak lama kami berjalan kami disuguhkan dengan tulisan di salah satu papan yang bertuliskan "Jalan Masuk Menuju Pantai Kinunang", kami belok ke arah kiri mengikuti petunjuk arah dari papan tersebut. Kami pun melewati jalan yang aspalnya sudah mulai mengelupas yang tersisa tinggal kerikil. Tidak lama kemudian kami mulai menuruni jalantersebut kami belok kiri dan sekali lagi kami di suguhkan dengan jalan yang bertanah penuh becek mungkin hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.

"Bukan ini yang kita cari!" seru Tama. Yang lain mengiyakan sambil memakirkan motor masing-masing.

Kami tertegun melihat indahnya pemandangan. Di kedua sisi jalan yang kami lewati, terpancar hamparan rumput yang hijau menjulang tinggi seperti padang savana.

Inilah Bukit Larata yang berada di Desa Kinunang Kecamatan Likupang Kabupaten Minahasa Utara. hamparan padang rumput yang hijau menyapa kami. Kami pun tak lupa untuk mengabadikan moment berharga tersebut dalam kehidupan kami, saking senangnya kami untuk mendapatkan pemandangan yang indah kami pun mendaki sampai ke puncak bukti tersebut. yah, benar saja ! dari puncak bukit tersebut hamparan padang rumput yang hijau bertebaran di sisi kanan dan kiri sisi kiri kami di sambutan oleh indahnya lautan yang terhampar luas seakan menggambarkan kebesaran sang maha kuasa.  Begitu senangnya kami. Tak lupa mengucapkan syukur atas keindahan alam yang Tuhan berikan di tanah Nyiur Melambai, Provinsi Sulawesi Utara ini.

Namun sangat disayangkan keberadaan bukit Larata Desa Kinunang belum dikelola dengan baik. Apabila dikelola dengan baik sungguh luar biasa sehingga menaikkan pendapatan perekonomian warga setempat. Kami memohon pada Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara agar bisa mengelola tempat-tempat wisata seperti ini. Sungguh sangat mempesona. Banyak pula dari masyarakat Nyiur Melambai belum ketahui air terjun ini. karena masih kurangnya papan penunjuka arah dan kurangnya dukungan dari pemerintah setempat.